mobile

baner 300

Program Tahunan, PROTA Matematika



PROGRAM TAHUNAN


Mata Pelajaran
:
Matematika
Tingkat/Kelas
:
2/XI
Tahun Pelajaran
:
2018-2019

A.        Perhitungan Alokasi Waktu
1.         Perhitungan Alokasi Waktu Semester 1
a.        Banyaknya Minggu Pada Semester 1
NO
Bulan
Banyaknya Minggu
1
Juli
5
2
Agustus
4
3
September
4
4
Oktober
5
5
November
4
6
Desember
4
Jumlah Minggu
26

b.        Banyaknya Minggu Pada Semester 1
NO
Hari Tidak Efektif
Banyaknya Minggu
1
Libur Semester 2 TP 2013/2014
2
2
Awal Tahun Pelajaran (Kegiatan MOPD dan Kegiatan Ramadhan)
1
3
Ulangan Tengah semester
1
4
Ulangan Akhir Semester
1
5
Persiapan Pembagian Raport & Kegiatan Perbaikan Nilai
1
6
Libur Semester 1
1
7
Libur Nasional dan Idul Fitri
3
Jumlah Minggu
10

c.         Banyaknya Minggu Efektif Semester 1            :      26-10 = 16 Minggu
d.        Banyaknya Jam Efektif Semester 1                  :      16 X 4 JPE X 45 MenIT

2.         Perhitungan Alokasi Waktu Semester 2
a.        Banyaknya Minggu Pada Semester 2
NO
Bulan
Banyaknya Minggu
1
Januari
5
2
Februari
4
3
Maret
4
4
April
5
5
Mei
4
6
Juni
5
Jumlah Minggu
27
b.        Banyaknya Minggu Pada Semester 1
NO
Hari Tidak Efektif
Banyaknya Minggu
1
Libur Semester 1 TP 2014/2015
1
2
UTS
1
3
US kelas 3
1
4
UN
1
5
UlanganKenaikanKelas
1
6
PersiapanRaport Semester 2
1
7
Libur Semester 2 TP 2014/2015
3
Jumlah Minggu
9

c.         Banyaknya Minggu Efektif Semester 2             :           27-9 = 18 Minggu
d.        Banyaknya Jam Efektif Semester 2                   :           18 X 4 JP X 45 MenIT

DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU

1.        Distribusi Alokasi Waktu Semester 1
NO
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
(Minggu)
Jumlah Jam
Pelajaran
1
1.     Mendeskripsikan konsep sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel dan menerapkannya dalam pemecahan masalah program linear

0,50
2 JP

2.     Menerapkan prosedur yang sesuai untuk menyelesaikan masalah program linear terkait masalah nyata dan menganalisis kebenaran langkah-langkahnya

0,50
2 JP

3.     Menganalisis bagaimana menilai validitas argumentasi logis yang digunakan dalam matematika yang sudah dipelajari terkait pemecahan masalah program linear

0,50
2 JP

4.     Merancang dan mengajukan masalah nyata berupa masalah program linear dan menerapkan berbagai konsep dan aturan penyelesaian system pertidaksamaan linear dan menentukan nilai optimum dengan menggunakan fungsi selidik yang ditetapkan

1,00
4 JP
2
1.     Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah


1,50
6 JP

2.     Memadu berbagai konsep dan aturan operasi matriks dan menyajikan model matematika dari satu masalah nyata dengan memanfaatkan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahannya

1,00
4 JP
3
1.    Mendeskripsikan konsep fungsi dan menerapkan operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian data ) pada fungsi

0,50
2 JP

2.     Menganalisis konsep dan sifat suatu fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers

0,50
2 JP

3.    Mendeskripsikan dan menganalisis sifat suatu fungsi sebagai hasil operasi dua atau lebih fungsi yang lain

0,50
2 JP

4.    Mendeskripsikan konsep komposisi fungsi dengan menggunakan konteks sehari-hari dan menerapkannya

0,50
2 JP

5.    Mengolah data masalah nyata dengan menerapkan aturan operasi dua fungsi atau lebih dan menafsirkan nialai variabel yang digunakan untuk memecahkan masalah

0,50
2 JP

6.    Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata terkait fungsi invers dan invers fungs
0,50
2 JP

7.    Merancang dan mengajukan masalah dunia nyata yang berkaitan dengan komposisi fungsi dan menerapkan berbagai aturan dalam menyelesaikannya

0,50
2 JP
4
1.     Menganalisis sifat dua garis sejajar dan saling tegak lurus dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah

0,50
2 JP

2.     Menganalisis kurva-kurva yang melalui beberapa titik untuk menyimpulkan berupa garis lurus, garis-garis sejajar, atau garis-garis tegak lurus

1,00
4 JP
5
1.     Mendeskripsikan konsep barisan dan deret tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan asli

1,00
4 JP

2.     Menerapkan konsep barisan dan deret tak hingga dalam penyelesaian masalah sederhana

0,50
2 JP
6
1.     Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam mementukan luas daerah segitiga

1,00
4 JP

2.     Merancang dan mengajukan masalah nyata terkait luas segitiga dan menerapkan aturan sinus dan kosinus untuk menyelesaikannya

0,50
2 JP
Cadangan
3,00
12 JP
Jumlah
16
64 JP



2.        Distribusi Alokasi Waktu Semester 1
NO
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
(Minggu)
Jumlah Jam
Pelajaran
1
Mendeskripsikan dan menggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus serta menafsirkan dan mengomunikasikannya.

1,50
6 JP

Menyajikan dan mengolah data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi dan histogram untuk memperjelas dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata.

0,50
2 JP
2
Mendeskripsikan dan menerapkan berbagai aturan pencacahan melalui beberapa contoh nyata serta menyajikan alur perumusan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dankombinasi) melalui diagram atau cara lainnya.

0,50
2 JP

Menerapkan berbagai konsep dan prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah nyata.

0,50
2 JP

Mendeskripsikan konsep ruang sampel dan menentukan peluangsuatu kejadian dalam suatu percobaan.

0,50
2 JP

Mendeskripsikan dan menerapkan aturan/rumus peluang dalam memprediksi terjadinya suatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan- alasannya.

0,50
2 JP

Mendeskripsikan konsep  peluang dan harapan suatu kejadian dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

0,50
2 JP

Memilih dan menggunakan aturan pencacahan yang sesuai dalam pemecahan masalah nyata serta memberikan alasannya.

0,50
2 JP

Mengidentifikasi masalah nyata dan menerapkan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah tersebut.

0,50
2 JP

Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menentukan peluangdan harapan suatu kejadian dari masalah kontektual.

0,50
2 JP
3
Mendeskripsikan konsep  persamaan lingkaran dan menganalisis sifat garis singgung lingkaran dengan menggunakan metode koordinat.

0,50
2 JP

Mendeskripsikan konsep  dan kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan umum lingkaran dengan metode koordinat.

0,50
2 JP

Mengolah informasi dari suatu masalah nyata , mengidentifikasi sebuah titik sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu titik tertentu, membuat model matematika berupa persamaan lingkaran dan menyelesaikan masalah tersebut.

0,50
2 JP

Merancangdan mengajukan masalah nyata terkait garis singgung lingkaran serta menyelesaikannya dengan melakukan manipulasi aljabar dan menerapkan berbagai konsep lingkaran.

0,50
2 JP
4
Menganalisis sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dengan pendekatan koordinat dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.

1,00
4 JP

Menyajikan objek kontekstual, menganalisis informasi terkait sifat-sifat objek dan menerapkan aturan transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dalam memecahkan masalah.

0,50
2 JP
5
Mendeskripsikan konsep  turunan dengan menggunakan konteks matematik atau konteks lain dan menerapkannya.

0,50
2 JP

Menurunkan aturan dan sifat turunan fungsi aljabar dari aturan dan sifat limit fungsi.

0,50
2 JP

Memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dunia nyata dan matematika yang melibatkan turunan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.

0,50
2 JP

Mendeskripsikan konsep  turunan dan menggunakannya untuk menganalisis grafik fungsi dan menguji sifat-sifat yang dimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun.

0,50
2 JP

Menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen, dangaris normal.

0,50
2 JP

Mendeskripsikan konsep  dan sifat turunan fungsi terkait dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimum dan titik belok).

0,50
2 JP

Menganalisisbentuk model matematikaberupa persamaan fungsi, sertamenerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum.

0,50
2 JP

Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang turunan fungsi aljabar.

0,50
2 JP

Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang fungsi naik dan fungsi turun.

0,50
2 JP

Merancang dan mengajukan masalah nyata serta menggunakan konsep dan sifat turunan fungsi terkait dalam titik stasioner (titik maximum,titik minimum dan titik belok).

0,50
2 JP

Menyajikan data dari situasi nyata, memilih variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum.

0,50
2 JP
6
Mendeskripsikan konsep  integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.

0,50
2 JP

Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi.

0,50
2 JP

Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar.

1,00
4 JP
CADANGAN
2,00
4 JP
JUMLAH
18,00
72 JP




Mengetahui,
Kepala Sekolah

Kabanjahe, 27 Oktober 2019
Guru Mata Pelajaran

Drs. X
NIP. 000......



 X
NIP....00



Postingan Populer