Program Tahunan, PROTA Matematika
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran | : | Matematika |
Tingkat/Kelas | : | 2/XI |
Tahun Pelajaran | : | 2018-2019 |
A. Perhitungan Alokasi Waktu
1. Perhitungan Alokasi Waktu Semester 1
a. Banyaknya Minggu Pada Semester 1
NO | Bulan | Banyaknya Minggu |
1 | Juli | 5 |
2 | Agustus | 4 |
3 | September | 4 |
4 | Oktober | 5 |
5 | November | 4 |
6 | Desember | 4 |
Jumlah Minggu | 26 |
b. Banyaknya Minggu Pada Semester 1
NO | Hari Tidak Efektif | Banyaknya Minggu |
1 | Libur Semester 2 TP 2013/2014 | 2 |
2 | Awal Tahun Pelajaran (Kegiatan MOPD dan Kegiatan Ramadhan) | 1 |
3 | Ulangan Tengah semester | 1 |
4 | Ulangan Akhir Semester | 1 |
5 | Persiapan Pembagian Raport & Kegiatan Perbaikan Nilai | 1 |
6 | Libur Semester 1 | 1 |
7 | Libur Nasional dan Idul Fitri | 3 |
Jumlah Minggu | 10 |
c. Banyaknya Minggu Efektif Semester 1 : 26-10 = 16 Minggu
d. Banyaknya Jam Efektif Semester 1 : 16 X 4 JPE X 45 MenIT
2. Perhitungan Alokasi Waktu Semester 2
a. Banyaknya Minggu Pada Semester 2
NO | Bulan | Banyaknya Minggu |
1 | Januari | 5 |
2 | Februari | 4 |
3 | Maret | 4 |
4 | April | 5 |
5 | Mei | 4 |
6 | Juni | 5 |
Jumlah Minggu | 27 |
b. Banyaknya Minggu Pada Semester 1
NO | Hari Tidak Efektif | Banyaknya Minggu |
1 | Libur Semester 1 TP 2014/2015 | 1 |
2 | UTS | 1 |
3 | US kelas 3 | 1 |
4 | UN | 1 |
5 | UlanganKenaikanKelas | 1 |
6 | PersiapanRaport Semester 2 | 1 |
7 | Libur Semester 2 TP 2014/2015 | 3 |
Jumlah Minggu | 9 |
c. Banyaknya Minggu Efektif Semester 2 : 27-9 = 18 Minggu
d. Banyaknya Jam Efektif Semester 2 : 18 X 4 JP X 45 MenIT
DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
1. Distribusi Alokasi Waktu Semester 1
2. Distribusi Alokasi Waktu Semester 1
NO | Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu (Minggu) | Jumlah Jam Pelajaran |
1 | Mendeskripsikan dan menggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus serta menafsirkan dan mengomunikasikannya. | 1,50 | 6 JP |
Menyajikan dan mengolah data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi dan histogram untuk memperjelas dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata. | 0,50 | 2 JP | |
2 | Mendeskripsikan dan menerapkan berbagai aturan pencacahan melalui beberapa contoh nyata serta menyajikan alur perumusan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dankombinasi) melalui diagram atau cara lainnya. | 0,50 | 2 JP |
Menerapkan berbagai konsep dan prinsip permutasi dan kombinasi dalam pemecahan masalah nyata. | 0,50 | 2 JP | |
Mendeskripsikan konsep ruang sampel dan menentukan peluangsuatu kejadian dalam suatu percobaan. | 0,50 | 2 JP | |
Mendeskripsikan dan menerapkan aturan/rumus peluang dalam memprediksi terjadinya suatu kejadian dunia nyata serta menjelaskan alasan- alasannya. | 0,50 | 2 JP | |
Mendeskripsikan konsep peluang dan harapan suatu kejadian dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. | 0,50 | 2 JP | |
Memilih dan menggunakan aturan pencacahan yang sesuai dalam pemecahan masalah nyata serta memberikan alasannya. | 0,50 | 2 JP | |
Mengidentifikasi masalah nyata dan menerapkan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah tersebut. | 0,50 | 2 JP | |
Mengidentifikasi, menyajikan model matematika dan menentukan peluangdan harapan suatu kejadian dari masalah kontektual. | 0,50 | 2 JP | |
3 | Mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran dan menganalisis sifat garis singgung lingkaran dengan menggunakan metode koordinat. | 0,50 | 2 JP |
Mendeskripsikan konsep dan kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan umum lingkaran dengan metode koordinat. | 0,50 | 2 JP | |
Mengolah informasi dari suatu masalah nyata , mengidentifikasi sebuah titik sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu titik tertentu, membuat model matematika berupa persamaan lingkaran dan menyelesaikan masalah tersebut. | 0,50 | 2 JP | |
Merancangdan mengajukan masalah nyata terkait garis singgung lingkaran serta menyelesaikannya dengan melakukan manipulasi aljabar dan menerapkan berbagai konsep lingkaran. | 0,50 | 2 JP | |
4 | Menganalisis sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dengan pendekatan koordinat dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah. | 1,00 | 4 JP |
Menyajikan objek kontekstual, menganalisis informasi terkait sifat-sifat objek dan menerapkan aturan transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dalam memecahkan masalah. | 0,50 | 2 JP | |
5 | Mendeskripsikan konsep turunan dengan menggunakan konteks matematik atau konteks lain dan menerapkannya. | 0,50 | 2 JP |
Menurunkan aturan dan sifat turunan fungsi aljabar dari aturan dan sifat limit fungsi. | 0,50 | 2 JP | |
Memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dunia nyata dan matematika yang melibatkan turunan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya. | 0,50 | 2 JP | |
Mendeskripsikan konsep turunan dan menggunakannya untuk menganalisis grafik fungsi dan menguji sifat-sifat yang dimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun. | 0,50 | 2 JP | |
Menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi untuk menentukan gradien garis singgung kurva, garis tangen, dangaris normal. | 0,50 | 2 JP | |
Mendeskripsikan konsep dan sifat turunan fungsi terkait dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum, titik minimum dan titik belok). | 0,50 | 2 JP | |
Menganalisisbentuk model matematikaberupa persamaan fungsi, sertamenerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum. | 0,50 | 2 JP | |
Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang turunan fungsi aljabar. | 0,50 | 2 JP | |
Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang fungsi naik dan fungsi turun. | 0,50 | 2 JP | |
Merancang dan mengajukan masalah nyata serta menggunakan konsep dan sifat turunan fungsi terkait dalam titik stasioner (titik maximum,titik minimum dan titik belok). | 0,50 | 2 JP | |
Menyajikan data dari situasi nyata, memilih variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dalam memecahkan masalah maximum dan minimum. | 0,50 | 2 JP | |
6 | Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi. | 0,50 | 2 JP |
Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi. | 0,50 | 2 JP | |
Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar. | 1,00 | 4 JP | |
CADANGAN | 2,00 | 4 JP | |
JUMLAH | 18,00 | 72 JP |
|